Selasa, 22 Februari 2011

Makanan Sehat yang Diperlukan Tubuh Setiap Hari

Makanan sehat yang diperlukan tubuh tentu tidak sedikit jumlahnya. Jika MDers cenderung memilih daging daripada sayuran, ternyata nutrisi yang baik untuk kesehatan lebih banyak terkandung dalam sayuran dan tumbuhan lain. Jadi, apa saja makanan yang perlu dikonsumsi setiap hari agar mendapatkan manfaat lebih banyak, sekaligus menjadikan tubuh lebih sehat? Mari kita kaji satu persatu.

Tomat

Buah ini dipercaya mampu melawan kanker, menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan kekebalan tubuh.  Makanan sehat yang diperlukan tubuh berwarna merah ini mengandung banyak likopen yang kaya antioksidan. Likopen dapat mengurangi resiko penyakit kandung kemih, paru-paru, kanker prostat, kanker kulit serta kanker lambung, serta menurunkan resiko penumpukan plak di pembuluh darah. Mengkonsumsi tomat yang sudah diproses seperti tomato salsa, sama besar manfaatnya dengan mengkonsumsi tomat mentah, karena likopen mudah diserap oleh tubuh. Tapi jika MDers memilih buah lain, sebaiknya mengonsumsi anggur merah, semangka, jambu batu, dan pepaya.

Yoghurt

MDers mungkin masih teringat minuman frozen yoghurt yang menyegarkan. Ya, yoghurt memang bukan termasuk makanan sehat yang diperlukan tubuh setiap hari, tetapi menjadi salah satu minuman “wajib” yang perlu MDers konsumsi. Tak hanya menguatkan tulang serta meningkatkan kekebalan tubuh, fermentasi dari susu segar menjadi susu asam ini banyak mengandung probiotik --bakteri baik yang tumbuh subur di dalamnya. Probiotik inilah yang bertugas mengusir patogen (bakteri jahat) di permukaan usus, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melindungi tubuh dari serangan kanker. Untuk kecukupan nutrisi, yoghurt sebaiknya dikonsumsi satu botol per hari. Namun pastikan yoghurt yang MDers minum benar-benar mengandung probiotik dengan membaca labelnya terlebih dahulu. Selain itu, jika MDers memerlukan minuman selingan, kefir dan yoghurt kedelai bisa dikonsumsi sebagai penggantinya.

Kedelai Hitam

Sayuran ini berguna untuk pertumbuhan otot, merangsang kerja otak sereta menjaga kesehatan jantung. Sebenarnya semua jenis kedelai baik untuk kesehatan jantung, namun tidak ada yang dapat meningkatkan daya ingat secanggih kedelai hitam. Penyebabnya adalah kandungan antosianin yang terdapat pada kedelai hitam. Seperti yang MDers ketahui, antosianin merupakan senyawa antioksidan yang telah terbukti mampu memperbaiki fungsi otak. Sehingga jika MDers memerlukan makanan pengganti, lentil, ginjal, fava, kacang kapri, dan kacang serendeng bisa jadi alternatif makanan sehat yang diperlukan tubuh ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar