Rabu, 23 Februari 2011

Masakan Nusantara

Masakan nusantara memiliki cita rasa yang khas dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Setiap daerah di Indonesia, memiliki masakan khas yang sangat menarik selera. Sehingga, berburu masakan khas sebuah daerah merupakan salah satu agenda yang banyak dilakukan seseorang ketika datang ke daerah tersebut.
Salah satu kekuatan masakan nusantara adalah dalam hal cita rasa. Ini terkait dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu menggunakan rempah-rempah dan bumbu alami sebagai bagian masakan mereka. Berbeda dengan masakan yang beradal dari luar negeri.
Masakan dari luar negeri, biasanya banyak mengandalkan bumbu-bumbu yang berpengawet serta bersifat sintetis. Inilah yang menyebabkan masakan nusantara lebih memiliki rasa yang alami dan juga menyehatkan, karena dibuat dari bahan baku yang masih alami.
Dan seiring perkembangan jaman, kini untuk mendapatkan aneka masakan nusantara bukanlah hal yang sulit. Sebab, kini banyak didapatkan gerai makanan yang menyediakan berbagai masakan daerah. Sehingga kita tidak perlu datang ke sebuah daerah untuk menikmati makanan khas daerah tersebut.
Dalam waktu tertentu, hidangan masakan nusantara pun dianggap sebagai sajian istimewa dalam keluarga. Waktu yang dianggap istimewa oleh masyarakat Indonesia biasanya adalah ketika hari raya Idul fitri dan idul adha serta pada perayaan hari raya Natal oleh umat Kristen. Mereka merayakan hari istimewa tersebut dengan menyantap hidangan yang mereka anggap istimewa pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar