Kamis, 31 Maret 2011

kuah ramen yang beragam

Sudah banyak diketahui masyarakat luas bahwa Ramen adalah makanan rakyat Jepang sejak jaman dahulu kala. Namun berbagai macam jenis kuah yang digunakan pun memiliki racikan dan resep yang berbeda-beda. Racikan kuahnya terdiri dari bumbu, lauk, dan jenis kaldu yang dimasukkan ke dalam kuah ramen. Rakyat Jepang biasa menggunakan bahan makanan yang mereka sukai dan terasa familiar dengan lidah masing-masing. Kali ini, akan mengetahui lebih banyak mengenai kuah ramen, kaldu, bumbu serta bahan utamanya agar bisa dicoba sendiri di rumah.

Kuah kaldu yang bisa digunakan untuk melengkapi sajian ramen yang lezat merupakan bahan dasar yang dihasilkan dari campuran tulang sapi, tulang ayam, bawang bombay, daun bawang, jamur shiitake, kacang kedelai gongseng, dan bahan-bahan dasar lainnya. Jenis kuah untuk ramen pun kemudian dapat dibagi menjadi beberapa golongan, seperti kuah dengan rasa kecap asin, kuah rasa tonkotsu (kaldu tulang), rasa shio (garam), serta rasa miso. Kuah yang paling banyak digemari masyarakat adalah kuah dengan sedikit rasa asin. Rasa asinnya tercipta dari rebusan tulang ayam dan sayur-sayuran. Biasanya ditambahkan dengan merica dan sedikit minyak wijen.

Kuah ramen yang dihasilkan dari kaldu tulang biasanya tidak terlalu asin. Warnanya sedikit putih kecoklatan dan dipadukan dengan saus kecap asin yang bisa ditambahkan dengan kuah tulang kental. Berbeda dengan kuah rasa shio (garam) justru berwarna hampir bening, bisa cicipi rasanya pada Ramen Hakodate. Juga banyak digemari salah satunya adalah ramen dengan kuah rasa miso yang harum karena berasal dari kaldu tulang ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar