Senin, 28 Maret 2011

Olahan Sate dari bandung

sate.. kuliner asli indonesia ini sudah terkenal sampai ke mancanegara dan banyak disukai dari lokal maupun dari luar, banyak macam sate yang kita belum ketahui Sate. sate merupakan makanan lezat yang terbuat dari rangkaian potongan daging. Bisa dari daging ayam, kambing, sapi, domba, babi, bahkan ikan. Daging tersebut kemudian akan dipotong kecil-kecil, lalu ditusuk dalam tusukan sate, biasanya terbuat dari bambu tipis. Setelah semua daging terlihat rapi dalam tusukan bambu tersebut, maka mereka akan diletakkan diatas panggangan yang menggunakan bara arang. Selanjutnya hanya tinggal ditunggu sampai daging matang, diusahakan agar tidak gosong. Sate yang telah matang kemudian akan dilumuri bumbu kacang yang nikmat. Tidak semua sate menggunakan bumbu kacang, karena masih ada jenis varian sate yang menggunakan banyak jenis bumbu yang berbeda.

Resep dan pembuatan sate selalu berbeda, tergantung pada asal daerahnya. Begitu pun dengan racikan bumbu yang digunakan, tergantung dengan selera dan resep yang diwariskan turun temurun. Mayoritas sate yang berasal dari Indonesia menggunakan bumbu dengan sambal kecap atau sambal kacang. Namun, sate jenis lainnya menggunakan bumbu yang berbeda pula, seperti sate bebek Tambak yang menggunakan saus bumbu manis kacang tanah. Lebih menarik lagi, bisa juga menggunakan bumbu pedas, irisan tomat tipis dan mentimun agar lebih segar.

Teman yang paling tepat untuk menemani saat bersantap dengan sate adalah nasi. Bisa juga diganti dengan ketupat atau lontong, semuanya kembali lagi ke selera OpenRicers. Sate memang merupakan salah satu makanan khas Jawa, tetapi kini sate juga semakin populer di belahan negara lainnya. Sebut saja Asia Tenggara, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Belanda, bahkan hingga Jepang. Di Jepang, sate dinamakan Yakitori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar