Kamis, 24 Maret 2011

Takoyaki

Takoyoki, kuliner dari negeri sakura ini teryata banyak dijumpai di pinggiran jalan di negaranya.., karena makanan ini termasuk cemilan tapi lumayan menggenyangkan Berasal dari daerah Kansai di Jepang, Takoyaki memiliki bentuk yang cukup kecil. Berbentuk bola-bola kecil dengan diameter kurang lebih 3 hingga 5 cm terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian diisi dengan potongan daging gurita di dalamnya. Tidak heran mengapa Takoyaki identik dengan lambing gurita, karena ternyata bahan dasarnya memang menggunakan daging gurita.

Takoyaki memang merupakan street food, karenanya ia dengan mudah dapat ditemui sebagai jajanan di pinggir jalan. Takoyaki biasanya dijual dalam bentuk 1 set yang berisi sekitar 5 hingga 10 buah, diletakkan dalam lembaran plastik atau kertas coklat. Cara menikmatinya juga menyenangkan, Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, walaupun ada beberapa penjual yang memberikan sumpit kecil sekali pakai untuk memudahkan santapan.

Bahan-bahan rahasia seperti baking powder dan asinan jahe yang berwarna merah (benishoga) seringkali dicampurkan dalam adonan Takoyaki. Beberapa kreasi lainnya bisa juga mengkombinasikan keju dan konnyaku di dalam Takoyaki. Namun yang tidak boleh dilupakan adalah saus Okonomiyaki sebagai pelengkapnya. Cemilan lezat ini terbilang unik dan karena itulah tidak ada salahnya bila OpenRicers menyantap si gurita dalam bentuk bola-bola mungil ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar