Selasa, 29 Maret 2011

sambal asam segar

Rasanya sangat mustahil bagi para pecinta sambal untuk makan nasi tanpa rasa pedas yang membakar lidah. Setiap lauk dan daging apapun tidak akan terasa lengkap jika belum dicelupkan ke dalam paduan biji cabai pedas merah ataupun sambal terasi pedas. Begitu banyak racikan dari pakar kuliner hingga para ibu rumah tangga yang dirasa sempurna untuk melengkapi saat bersantap OpenRicers. Racikan seperti itu lah yang membuat banyak orang ingin mencobanya sendiri di rumah dan berkreasi dengan sambal hasil ciptaan sendiri. OpenRicers tidak perlu khawatir akan kehabisan bahan campuran untuk menciptakan racikan sambal yang sempurna.

Salah satu bahan dasar yang bisa OpenRicers coba dan mudah ditemukan di pasar adalah jeruk limau. Penjaja makanan seperti siomay seringkali menerapkan cara ini, perasan jeruk limau, jeruk nipis, atau lemon akan memberi rasa asam dan segar. Campuran jeruk sambal ini sangat mudah diolah karena hanya dengan cara membelah dua jeruk, lalu dibuang bijinya dan terakhir adalah diperas airnya. Perasan air jeruk kemudian akan mengeluarkan aroma segar yang kuat dan rasa yang khas. Paduan sambal yang sempurna untuk teman bersantap OpenRicers.

Tidak jauh dari rasa asam yang menyegarkan lidah, sambal pun dapat dicampurkan dengan mangga muda atau mangga yang masih mengkal. Pengolahannya juga sangat mudah dilakukan di dapur OpenRicers, cukup cincang atau lebih mudah lagi diserut daging mangga mudanya, apapun itu jenisnya. Paduan paling sempurna adalah mangga muda dengan sambal petis, sambal kemiri dan sambal terasi.

Dari jenis buah-buahan pun bisa ditambahkan untuk campuran sambal. Sebut saja salah satunya yaitu belimbing sayur. Buah belimbing sayur lebih baik dipilih yang sudah cukup tua karena lebih padat dan berair sehingga dapat menghasilkan rasa asam segar yang enak. Bila ingin mencoba dengan belimbing muda, OpenRicers akan mendapatkan rasa yang sangat asam dan getir dalam campuran sambal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar